Mengganti Background Foto dengan Adobe Photoshop

Siang yang membosankan. Abis mata kuliah pengantar Teknologi Informasi langsung pulang ke kost. Dari pada galau mikirin yang nun jauh di sana. Mendingan berbagi sedikit ilmu yang Rahman tau aja. Itung-itung sebagai manifestasi akhirat. hehehe,,, 

Kata teman ku yang bule itu. To the point aja yah. Kali ini rahman pengen berbagi cara mengganti background sebuah foto dengan menggunakan Adibe Photoshop. Karena ada salah seorang teman yang request tutorial ini (kaya' di radio aja pake' request-request segala). Ya wes aku kasih nih tutorialnya. Semoga bermanfaat.

Pertama yang harus disiapin adalah:

  • Segelas kopi ABC Brownies
  • Sebungkus keripik kentang 
  • Foto yang akan diganti background nya
  • Gambar yang akan dijadikan background
  • Dan yang paling penting adalah program Adobe Photoshop
  • Kesabaran
Setelah semua persiapan tersedia. Jalankan aplikasi Adobe Photoshop sebagai alat untuk mengganti background foto kita. Sebagai contoh pada tutorial kali ini menggunakan Adobe Photoshop versi CS 5. Kalau agan menggunakan versi yang lebih baru atau mungkin yang lebih jadul juga nggak apa-apa. Karena tools yang digunakan sama atau mungkin ada perbedaan yang tidak terlalu menonjol. 


Pertama pilih foto yang akan diganti background nya. Pilih File ==> Open seperti yang terlihat pada gambar:


Maka akan keluar menu untuk memilih gambar yang akan kita ganti backgroundnya nanti. Sebagai contoh saja. Saya menggunakan file elly surya.jpg


Nah loh. Tuh udah keluar foto yang akan kita ganti background nya. Kaya' katanya dosen Bahasa Inggris ku. "Any question so far...???" hehe.. so' english man neh jadinya.. OK. Sampe' sini agan semua pasti bertanya. "Trus nih foto mau di apain..???" Sabar mas bro n mba' bro,, ini baru langkah awal.



Untuk bisa mengganti background foto di atas. Kita harus menghapus background asli dari foto tersebut. Tapi untuk bisa menghapusnya kita harus mengganti format foto tersebut menjadi layer karena masih terkunci sebagai background layer. Kok harus gitu??? Ya itu memang sudah peraturannya kali yah,, hehee. Gitu aja kok repot. Caranya Klik kanan pada background layer yang ada gambar gemboknya. Kemudian pilih Layer From Background. Untuk lebih mudahnya lihat gambar di bawah ini.


Setting New Layer seperti pada gambar dan klik OK


Kalo' sudah di ganti format layer nya. Barulah foto tersebut bisa dihapus backgroundnya. Banyak cara untuk menghapus background sebuah gambar atau foto. Akan tetapi kali ini saya menggunakan pen tool agar hasilnya lebih rapi dan bersih. 

Cara menghapusnya pun cukup mudah. Pertama pilih Pen Tool 


Buatlah sleksi dengan menggunakan Pen Tool pada background yang akan dihapus. Yang harus diperhatikan pada tahap ini adalah sleksi yang kita buat harus mencakup semua background yang akan kita haus. Ingat...!!! background lah yang di sleksi sampai kedua ujung garis sleksi bertemu keduanya. 
Untuk membuat garis yang melengkung. Klik kiri mouse kemudian tarik pointer sampai sesuai dengan yang kita inginkan. Seperti pada gambar di samping. Garis sleksi mengikuti batas luar  foto yang akan kita hapus. Jika terjadi kesalahan. Tekan Ctrl + Alt + Z pada keyboard untuk mengulang. 








Jika sleksi sudah dirasa cukup. Tinggal kita menghapusnya. Tapi sebelum menghapus background tersebut Klik kanan pada daerah yang sudah kita buat sleksi tadi kemudian pilih Make Selection... 












Atur Feather Radius 0.2 pixels saja. Checklist pada Anti-aliased dan beri tanda pada New Selection kemudian tekan OK.









Langkah berikutnya adalah menghapus background yang sudah kita sleksi tadi. Tekan Del pada keyboard untuk men-delete hasil sleksi dan, taraaaaaaaaa.... Background nya sudah menghilang entah ke mana,,, hehehe. 

Sampai di sini foto sudah siap untuk ditambahkan background sesuai keinginan kita. Eh... tunggu dulu, kok garis putus-putus nya masih ada??? Gag usah panik gitu,,, hehehe.. itu namanya garis sleksi yang sudah kita buat untuk menghapus background tadi. Untuk menghilangkannya tinggal tekan Ctrl + D pada keyboard. 

Langkah terakhir adalah menambahkan background dari gambar lain yang telah kita siapkan sebelumnya. Cara memasukkan background ke dalam page Photoshop adalah seperti cara pertama ketika kita memasukkan foto yang sudah kita hapus background nya ini. 

Masih bingung juga??? lihat lagi deh langkah awal dari tutorial ini. Jika sudah memilih gambar yang akan digunakan sebagai background dan memasukkannya ke Photoshop. Maka gambar yang kita masukkan tadi akan berada pada New Window

Nah kalo' sudah keluar backgroundnya. kita tinggal men-Drag and Drop atau menarik foto yang sudah kita hapus background aslinya menuju gambar yang menjadi background nya. 

Sesuaikan ukuran foto dengan background agar terlihat lebih menyatu dengan background. Dan setiap langkah selesai kita tinggal Save As hasil editan kita ke dalam format *.jpg. Caranya agan bisa lihat DI SINI






Share on Google Plus

About Unknown

Hi, my name is Rahman, this is my personal blog site. Where I visualize what's in my brain and then translated into beautiful words strung. Please enjoy. Thanks for reading Mengganti Background Foto dengan Adobe Photoshop
Dont miss another post below:
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments :

  1. Nice info meton...
    Silaq mampir http://lombokmovie.blogspot.com

    ReplyDelete